Home » » Cara menentukan Niche Market

Cara menentukan Niche Market

Niche dapat diartikan sebagai target/ceruk market, yang merupakan hal penting dipertimbangkan dan dianalisa sebelum menentukan kata kunci pada sebuah blog/web. Bisa dibilang penentuan niche adalah hal paling pokok dalam menjalankan bisnis internet marketing. Kesalahan menentukan niche suatu blog/web akan berakibat pada kegagalan pengembangan blog/web Anda.
Menentukan niche yang menguntungkan memerlukan perhitungan yang tidak terlalu rumit. Ada dua penilaian, R/S dan KEI, atas suatu keyword yang saling berhubungan dan menentukan (lebih mudah mendapatkan) untung tidaknya suatu niche.

R/S adalah Results / Searches, yaitu berapa banyak website yang sudah ada, yang mengandung keyword, dibagi berapa kali keyword tersebut di cari orang dalam sebulannya. Nilai R dicari dengan fasilitas google, tinggal mengetikkan allintitle:keyword dan lihat berapa jumlah website yang mengandung keyword pada titlenya. Untuk mencari nilai S, bisa menggunakan tools digitalpoint (www.digitalpoint.com/tools). Semakin kecil nilai R/S semakin baik.
Nilai KEI (Keyword Efectiveness Index), mempertimbangkan besar tidaknya volume pencarian untuk keyword tersebut. Semakin besar nilai KEI semakin baik, paling bagus jika nilainya di atas 400. Untuk mencari KEI bisa pakai wordtracker versi trial, atau beli tools2 keyword yang support KEI.
Keyword tools yang dapat digunakan untuk mencari Niche dan keyword potensial ada yang berbayar maupun tools gratis. Antara lain :
Pilihlah Niche yang high search volume yang banyak dicari di mesin pencari, tetapi jangan memilih niche yang banyak dicari pemburu gratisan (free seeker). Bila kita menggunakan Keyword Tools menemukan niche yang high search volume, coba lakukan riset lebih lanjut, apakah benar-benar pembeli yang bersedia mengeluarkan uang.
Let take action "otak kosong bisa kaya dan sukses" jangan hanya bengong ... :-)

3 komentar:

  1. Saat ini juga saya masih bingung untuk menentukan niche yang akan saya pakai untuk blog baru saya, dengan membaca tulisan ini sekarang saya terinspirasi dan tidak bingung lagi dalam menentukan niche yang bagus untuk blog saya, thanks for info.

    BalasHapus
  2. mencari lalu menemukan niche adalah sebuah kepuasan

    BalasHapus

Headlines